Selamat datang di Gita Dunia Anak


Masa kecil, adalah masa-masa yang dipenuhi dengan gelak tawa dan canda serta limpahan kasih sayang dari orangtua.
Saat-saat yang harusnya dipenuhi dengan rasa kasih sayang dari orangtua, namun apakah semua anak mendapatkan hal tersebut?

Menilik hal tersebut pada masa sekarang, nampaknya waktu luang pada anak-anak untuk merasakan limpahan kasih sayang serta perhatian orangtua sudah tidak ada lagi.

Persoalannya memang, banyak orangtua yang tidak memahami fungsi mereka sesungguhnya sebagai orang- tua dari anak-anak mereka. Mereka hanya memahami bahwa mereka adalah orangtua dari anak-anaknya, yang harus didengar dan dikerjakan segala perintahnya. Kewajiban mereka terhadap anak dianggap sudah terlaksana bila telah memberi nafkah dan kebutuhan secara materi.

Karena itu, para orangtua selalu berdalih mereka sibuk bekerja lupa waktu demi anak juga. Hal ini terkadang membuat orangtua menjadi egois dan lupa, bahwasanya anak-anak juga manusia yang butuh perhatian dan kasih sayang.

Sudah saatnya para orangtua meluangkan waktu dan perhatian kepada anak, agar mereka nantinya menjadi anak-anak yang cerdas & kreatif serta menjadi anak yang berguna, berakhlak baik dan berperilaku terpuji.

Semoga ...!

Selasa, 12 Agustus 2008

Indahnya Pelangi

"Pelangi, pelangi alangkah indahmu. Merah, kuning, hijau di langit yang biru. Pelukismu agung, siapa gerangan. Pelangi, pelangi ciptaan Tuhan."

Pernah dengar lagu itu? Ya, itu adalah lagu tentang pelangi yang pernah begitu populer. Sebuah lagu indah yang menggambarkan mengenai keindahan pelangi. Eh, omong-omong soal pelangi, tahukah adik-adik apa itu pelangi?

Pelangi itu adalah fenomena alam berupa suatu lengkungan cahaya yang berwarna-warni. Biasanya muncul di langit seusai hujan. Atau terlihat di dekat air terjun, mata air, sungai bahkan laut.

Pelangi bukanlah benda (objek) fisik yang bisa dipegang atau disentuh. Pelangi merupakan pola cahaya yang terpantul dari butiran air atau hujan. Warna-warna yang muncul sebagai pembiasan dari sinar matahari yang memantul ke atas butiran air, menjadi spektrum cahaya yang berwarna-warni.

Pelangi tak selalu bisa terlihat. Ia biasanya muncul saat sedang hujan atau baru saja usai. Biasanya mudah terlihat di waktu musim panas di sore hari. Pelangi yang paling jelas terlihat akan menampakkan warna merah di lingkaran terluarnya dan violet di lingkaran dalamnya, serta aneka warna lain di antaranya. Pola umum warna pelangi itu biasanya merah (lingkaran terluar, oranye, kuning, hijau, biru, dan violet (lingkaran terdalam).

Bagaimana pelangi terbentuk? Sebenarnya pelangi itu berasal dari sinar matahari yang memantul ke atas butiran-butiran air. Sinar matahari terpecah oleh butiran air menjadi banyak ragam warna cahaya. Warna cahaya yang terpisah-pisah itu membentuk pola pararel dalam rupa lengkungan cahaya. Prinsip pantulan membentuk pelangi ini sama dengan prinsip pembiasan cahaya pada prisma.

Karena itu, pelangi tidak akan terbentuk jika tidak ada butiran air (biasanya yang ditimbulkan hujan), yang pada posisi tertentu membiaskan sinar matahari.

Tidak ada komentar: